Tiga Kandidat Teken Kesepakatan Damai

Posted by



NGABANG. Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Landak Syahdan Anggoi – Honorius Bruno, Adrianus Asia Sidot – Herculanus Heriadi dan Suprianto – Sujarni, berikrar dan teken kesepakatan bersama Pemilukada Landak 2011 secara damai, Kamis (12/5). Acara yang difasilitasi Polres Landak di aula kantor Bupati Landak itu dihadiri jajaran Polri, TNI, para stakeholder.

“Saya ingin pelaksanaan Pemilukada Landak betul-betul menyerap aspotasi masyarakat pada umumnya tentu berjalan aman, lancar, damai dan demoktratis,” kata Kapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Sukrawardi Dahlan dalam pidatonya.

Menurutnya, aparat keamanan bercermin beberapa kejadian di daerah lain, sehingga pihaknya mulai dari Kapolda, Panglima TNI, Kapolres, Dandim dan jajaran lainnya sepakat dengan empat pilar negara republik Indonesia. “Tentu kita semua sepakat membantu memfasilitasi masyarakat yang ada di daerah ini menciptakan keamanan,” ujar Sukrawardi.

Kapolda juga menegaskan kepada jajaranya sebagai aparat kemananan harus netral dalam pelaksanaan Pemilukada. Ia meminta dalam pengamanan kepada pasangan calon secara sama. Jika ada para anggota polisi ada kekerabatan kepada para calon dan indikasi keterlibatan keperpihakan, agar masyarakat memberikan informasi maka ia akan perintahkan kepada kapolres untuk menginventalisasi.

“Kalau ada diantara anggota polisi, sersan maupun perwira ada hubungan emosional terhadap kandidat dan ada prilaku kurang netral mulai sekarang agar di inventarisasi dan dilaporkan, kita ambil langkah penertuban dan dari Pangdam juga demikian,” tegas Sukrawadi.

Ketua KPU Landak Sudianto mengatakan pihak KPU juga akan meminta kepada pasangan untuk penandatangan bersama kampanye damai. Karena jadwal kampanye yaitu 23 Mei hingga 5 Juni mendatang. Maka pada 23 Mei, masing-masing calon akan menyampaikan visi dan misi di DPRD Landak serta penandatangan kampanye damai kemudian dilanjutkan kampanye bersama keliling di Kota Ngabang.

“Sedangkan pada 5 Juni akan digelar debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati rencana akan digelar di aula kantor bupati Landak.

Ia menambahkan, kepada masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih tetap untuk memberikan suaranya kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan cara mencoblos.

"Jumlah DPT sudah kita tetapkan 244.996 pemilih melalui pleno KPU yang sebelumnya pemaparan dan disetujui masing-masing tim sukses tiga pasangan calon, sedangkan jumlah TPS 949,"tandas Sudianto

Sementara itu, calon bupati Syahdan Anggoi mengaku setuju dengan digelarnya teken kesepakatan damai tapi hanya hanya tertulis saja dan harus diimplementasikan dilapangan.

Cawabup Heriadi mengatakan ia mengucapkan terima kasih kepada kapolda yang begitu besar perhatiannya terhadap daerah. Demi pelaknanan Pilkada ini, kita harap aman lancr tertib dan dami, sehingga siapapun nantinya yang terpilih harus legowo.

Cabup Suprianto meginginkan kedamaian di dunia dan surga, ia mengharapkan dengan adanya kepesakatan damai ini bisa dijalankan. Jangan hanya selogan saja dan harus di aplikasikan masing-masing. (rie)

*sumber: www.equator-news.com


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 2:03 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts