KEJURNAS BALAP SEPEDA BAKAL DIHELAT DI LANDAK

Posted by

NGABANG. Kejurnas balap sepeda bertajuk Bank Kalbar Bike Rice 2011 akan dihelat di Kabupaten Landak pada 30 April-1 Mei mendatang dengan rute Pontianak – Kota Ngabang. Kegiatan ini dipromotori Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalbar kerjasama Bank Kalbar dan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Landak.

“Mengapa digelar Bank Kalbar Landak Bike Rice, karena berdasarkan regulasi yang ditetapkan Organisasi Balap Sepeda Internasional (UCI) untuk menggelar tour the harus mengacu minimal kegiatan itu dilakukan selama 2 hari, ditambah lagi beberapa etape,” kata Lukas Kanoh Ketua Umum Panitia.

Dijelaskannya, minimal satu kali etape itu jarak yag ditempuh para atlet sepada 35 Km. Termasuk untuk kelas criterium menempuh jarak 1 kali putaran minimal 11 km. Karena di daerah kita belum ada sikuit mencapai 11 km. “Makanya judul sebelumnya Tour The Landak berubah menjadi Bank Kalbar Landak Bike Rice,” kata Lukas yang juga Kepala Disporabudpar ini.

Ketua ISSI Landak Cahyatanus mengatakan, kelas-kelas yang diperlombakan Induvidual Rote Rice (IRR) putra menempuh jarak start dari Bank Kalbar Sungai Pinyuh dan finis Bank Kalbar Cabang Ngabang pada tanggal 30 April 2011. Masuk pada tanggal 1 Mei 2011, acara dilanjutkan pada pagi hari digelar acara Pan Bike untuk masyarakat Kabupaten Landak.

“Setelah itu dilanjutkan pertandingan sercuit rice star dimulai dari depan Bank Kalbar dan masuk jalur II Ngabang, finis kembali di depan Bank Kalbar sejuah 6. 7 Km (satu putaran, red),” katanya.

Untuk kelas rote rice putra 40 Km, Rote Rice putra 20 Km, MTB Open 40 Km, MTB 40 Km untuk kelompok umur 40 tahun keatas, dan terakhir dikelas MTB Pemula (lokal, red), usai kelas 6 SD dan kelas 2 SMP. “Arena lomba sama seperti dilakukan star dari Bank Kalbar lalu masuk jalur II, dan finis di Bank Kalbar,” ujarnya.

Ia berharap kepada pemilik hewan ternak yang ada di Kabupaten Landak dan Kecamatan Sungai Pinyuh bisa mengamankan hewan ternaknya pada hari H pelaksaan perlombaan. Demikian juga dengan pemilik hewan ternak dalam Kota Ngabang, bersama-sama mengamankan hewan ternaknya, termasuk kendaraan roda dua dan roda empat agar kegiatan Landak Bike Rice berjalan sukses.

Tanus juga mengatakan daerah yang sudah menyatakan siap ambil bagian dalam kegiatan Landak Bike Rice, adalah daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jogjakarta, Bali, DKI Jakarta, Kalbar, Malaysia dan Brunai Darusalam, dan Singapura.

“Dalam balap sepeda ini 1 tim itu terdiri dari 5 pembala 2 official,” tukanya seraya mengatakan pembalap pada hari pertama akan menginap di BLPP Anjungan dan hari kedua di Ngabang,” tukasnya (rie)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 7:14 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts