16 KANDIDAT MELAMAR PDI PERJUANGAN

Posted by

*BAKAL CABUP DAN CAWABUP LANDAK 2011-2016

KABAR LANDAK, Ngabang - Sebanyak 16 kandidat mendaftarkan diri menjadi bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Landak periode 2011-2016 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDIP).
“Proses penjaringan balon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Pilkada Landak 2011 oleh DPC PDIP Landak sudah kita tutup pada 12 Januari pukul 00.00, dan ada 16 kandidat mengembalikan formulir, langkah selanjutnya akan diverifikasi,” kata Sekretaris DPC PDIP Landak Herculanus Heriadi, SE dalam keterangan persnya di Ngabang, Kamis (13/1).
Menurut Heri begitu ia disapa, proses penjaringan sesuai amanah surat ketetapan SK Nomor 005/IV/DPP/8/2010 tentang pedoman pelaksanaan penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah atau wakil kepala daerah tingkat kabupaten/kota dari PDI Perjuangan.
“Jadi kita membuka penjaringan sejak 20 Desember 2010 hingga 5 Januari 2011. berdasarkan aturan, apabila pendaftar balon bupati kurang dari empat orang, masa pendaftaran diperpanjang. Nah sudah kita perpanjang sampai 12 Januari dan hasilnya ada enam balon bupati dan sepuluh balon wakil bupati,” ungkap Heri yang juga Ketua KNPI Landak ini.
Langkah selanjutnya, para balon bupati dan wakil bupati, berkasnya akan dilakukan verifikasi oleh DPC PDIP Landak yang mencakup pengalaman kerja, pengabdian pada partai jika dia pengurus PDIP, dan ijazah aatau persyaratan sebagaimana disebutkan dalam UU nomor 12 tahun 2008 pasal 58 dan UU nomor 32 tahun 2004.
“Selain itu, rapat DPC juga akan melakukan evaluasi komitmen bakal calon terhadap partai, serta analisa dukungan kekuatan politik atau ketokohan bakal calon,” ungkap Heri yang juga Ketua Gapensi Landak ini.
Lebih lanjut, di dalam melakukan verifikasi dan evaluasi, rapat DPC meminta keterangan tertulis dari pihak lain sebagai bahan evaluasi partai terhadap bakal calon. Hasil verifikasi bakal calon dituangkan dalam berita acara rapat dan dilaporkan ke DPD PDIP Provinsi Kalbar. Nah, setelah DPD memeriksa berita acara rapat DPC tersebut, lalu ditetapkan tanggal pelaksanaan Rakercabsus. “Apabila ditemukan kejanggalan dari hasil berira acara, maka dilakukan verifikasi ulang,” ujar Heri.
Selanjutnya, bakal calon yang sudah diverifikasi menyampaikan visi misi dalam Rakercabsus. Dalam Rakercabsus yang dihadiri sekitar 500 an kader dan pengurus PDIP mulai dari pengurus desa (ranting), kecamatan (PAC)dan kabupaten (DPC) Landak ini sekurang-kurangnya bisa menjaring empat bakal calon.
“Dalam rakercabsus ini juta mendengarkan pandangan umum dari ranting dan PAC terhadap kepentingan strategis partai. Hasil Rakercabsus ini nanti akan disampaikan ke DPD PDIP Kalbar. Setelah itu masih banyak lagi tahapan yang harus dilakukan. Final terakhir yang menetapkan bakal calon menjadi calon bupati dan wakil bupati adalah DPP PDIP pusat,” tandas Heri.
Adapun 16 bakal calon yang mengembalikan berkas di DPC PDIP Landak terdiri enam balon bupati yaitu Adrianus Asia Sidot, Carolin Margret Natasya, Jakius Sinyor, Markus Jimi, Minsen, Martinus Beltra. Sedangkan 10 balon wakil bupati yaitu, Heriadi, Tapanus, Heri Saman, Supendi, Agustunus Sukiman, Vinsensius, Pdt. Johan, Erani, NCH. Saiyan, Gusti Suryansyah. (rie)
*sumber: harian equator 14/1/2011


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 5:15 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts