Polres Landak Launching Poltramas

Posted by



NGABANG. Polres Landak launching program Kapolri yaitu Polisi Mitra Masyarakat (Poltramas) ditandai membukaan tabir plang nama di depan rumah Aiptu RDH Panjaitan Jalan Ria Sinir Dusun Tungkul Ngabang, Sabtu (2/10) siang dihadiri Camat Ngabang, Danramil Ngabang, Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat.
“Poltramas bertujuan sebagai mediator, wadah dan sebagai tempat konseling dalam mengidentifikasi berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat di wilayah tempat tinggalnya atau lingkungannya guna menghasilkan upaya-upaya pemecahan masalah,” kata Kapolres Landak AKBP Firman Nainggolan.
Untuk kota Ngabang ada enam lokasi, rumah Aiptu RDH Panjaitan Jalan Ria Sinir Dusun Tungkul, rumah Briptu Alman di Desa Raja, Briptu Adi Santo di Pal 20, Briptu Saprin di Hilir Kantor, Briptu Ukandi di Hilir Tengah dan Briptu Niko di Pal 6. “Anggota polisi yang dijadikan lokasi Poltramas, memang sudah kita latih. Selain di kota kabupaten, nantinya akan sampai di setiap kecamatan yang ada di Landak ini,” terang Firman.
Perekrutan anggota Poltramas ini, lanjut dia, berdasarkan kriteria yng mereka miliki seperti masa dinas di atas 5 tahun. Selain itu mampu menjadi mediator, konseling, sehingga anggota Poltramas dituntut selalu siap memberikan memeberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada Masayrakat. “Poltramas diterapkan dengan model comunity policing dalam menyelenggarakan tugas atau mengedepankan pemecahan masalah (problem solving) serta dengan model kemitraan yang lebih mengutamakan pencegahan kejahatan,” ungkap dia.
Tak hanya itu, Bintara Mitra harus siap sedia jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuannya seperti menampung, mencatat dan menindaklanjuti. “Kalau hanya kasus-kasus sosial-sosial yang kecil, dia bisa diselesaikan. Makanya, seorang Poltramas harus mengetahui kondisi tempat tinggalnya pada radius tertentu. Mungkin disitu ada yang punya mobil pribadi, ada dokter, ada bidan, ada tokoh agama, pemuka masyarakat. Jika ada yang membutuhkan,” ujar Firman.
Sementara itu, Camat Ngabang Julimus sangat merespon adanya Poltramas dilingkungannya. Menurut dia hal tersebut dapat membantu kinerja kecamatan dalam pelaksanaan tugas. "Kami sangat bersyukur sebab ini sangat membantu kami dalam melaksanakan tugas," kata dia.(rie)

*Sumber: Harian Equator (04/10/2010)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 5:13 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts