Kontingen Pariwisata Tiba dengan Selamat

Posted by


*Catatan Kundori dari Yogyakarta

YOGYAKARTA. Kontingen Pariwisata Kabupaten Landak yang akan tampil di Pesta Seni dan Budaya Dayak se-Kalimantan (PSBDK) sudah tiba di Kota Yogyakarta sejak Rabu (20/10) siang pukul 13.30 Wib. Kontingen yang terdiri dari tim kesenian dan pameran tersebut langsung dipimpin Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Landak Lukas Kanoh didampingi Sekretarisnya Yosep Timoteus. Dari Kota Ngabang pukul 04.00 subuh menggunakan dua bis angkutan, kemudian menaiki pesawat Batavia dari Bandara Supadio Pontianak pukul 11.50 dan sampai di Bandara Adi Soedjipto Yogyakarta pukul 13.30 langsung menuju penginapan. Tampak masing-masing tim ‘sibuk’ mengangkut barang-barang, mulai kebutuhan pribadi juga sarana dan prasana kegiatan seperti alat musik untuk penampilan kesenian, pameran dan lainnya.
Kehadiran kongtingen dari Landak ini akan mengukuti PSBDK yang diselenggarakan oleh Pemkab Landak bekerjasama dengan Forum Mahasiswa Kabupaten Landak (FORMAKAL) di Yogkarta pada 21-23 Oktober 2010 di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan dibuka Kamis (21/10).
Kepala Disporabudpar mengatakan, acara PSBDK ini digelar memang sudah lama. Hanya setiap tahun kepanitian berganti-ganti, dan tahun ini oleh FORMAKAL maka Pemkab Landak sebagai panitia juga. Nah, saat pembukaan nanti rencana jika Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH tidak bisa hadir, maka akan dibuka oleh Bupati Landak DR Adrianus Asia Sidot. “Nah, di acara ini mudah-mudahan ada investor yang berkujung di stan pameran kita dan tertarik untuk berinvestasi di Kabupaten Landak ini,” ujar Lukas.
Tim dari Landak terdiri dari beberapa dinas/instansi terkait. Di acara PSBDK kita akan menampilkan pameran potensi daerah pariwisata, pertanian, perdagangan dan perindustrian, pertambangan, perkebunan. Kemudian di acara pembukaan kita akan penampilkan kesenian tarian Dayak,” kata Lukas.
Ia menambahkan, selain pameran dari seluruh kabupaten/kota se- Kalimantan yang hadir di PSBK. Panitia juga menggelar pertandingan seni budaya dan lainnya. Hanya Kabupaten Landak memang tidak ikut dalam pertandingan, tapi menampilkan kesenian budaya yang ada di Landak. “Untuk tim kesenian, kita dari Sanggar Tarigas Sidi yang merupakan pemenang saat Festival Budaya Binua Landak (FBBL) tahun 2009 lalu,” kata Lukas. (*)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 4:15 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts