Tahun Ini Tiga Madrasah Dinegerikan

Posted by

NGABANG. Tahun ini tiga Madrasas (sekolah) swasta bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak dinegerikan. Adapun tiga sekolah tersebut adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ngabang, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Darit dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Karangan. “Untuk tahun depan, tiga sekolah yang baru di negerikan ini akan mendapat bantuan dana operasinal sendiri,” ungkap Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Landak, H. Rohadi Fauzi, S.Ag kepada Equator di kantornya, Jumat (11/6).
Tujuan penegerian madrasah ini, kata dia, untuk meningkatkan pelayanan pendidikan, sebagai model dan motivator bagi Madrasah lainnya, membangun citra Madrasah, merespon usulan masyarakat, menguatkan partisipasi masyarakat Madrasah serta kesiapan Madrasah melalui dukungan masyarakat dan pemerintah daerah.
"Dengan perubahan status tersebut, maka Madrasah tersebut akan menjadi milik Negara, dibiayai secara reguler oleh Negara, diatur oleh pemerintah dan secara bertahap dituntut untuk meningkatkan kinerja dan kualitasnya," ujarnya.
Lebih lanjut, dari swasta ke negeri sudah tentu melalui sebuah proses yang cukup panjang, artinya jika sebuah Madrasah dari swasta di negerikan, maka seluruh pembiayaan sudah harus di tanggung oleh negara.
Oleh sebab itu, pinta dia, haruslah tetap menjaga citra lembaga yang juga dibawah naungan Negara. Bagi Mapenda agar dapat terus melakukan pemantauan, jangan hanya asal nama yang tidak berubah seperti masih menjadi swasta. “Walaupun kita tidak sempurna, namun marilah kita bekerja dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, yang pertama-tama yang harusnya memberikan contoh yang baik adalah guru agar dapat pula diteladani oleh muridnya," tegas Rohadi seraya menambahkan di Ngabang juga akan dibuka Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Islam yang akan diresmikan pada 12 Juni mendatang. (rie)

(Sumber: Harian Equator


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 8:05 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts