HPI Agro Tanam Sawit Perdana

Posted by

NGABANG. Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH didampingi istri Ny. Frederika Cornelis, Bupati Landak DR Adrianus AS, Ketua DPRD Landak Heri Saman MH dan pejabat lainnya menghadiri undangan Manajeman PT Hartono Plantation Indonesia (HPI) Agro untuk melakukan tanam perdana sawit yang dipusatkan kebun PT Daya Sumber Makmur (DSM) di Dusun Bongo Desa Ambarang Kecamatan Ngabang, Rabu (16/6).
Cornelis mengajak semua pihak untuk merubah pola pikir dan melihat masa depan. Maka, dengan adanya masuk investor dengan masyarakat dan pemerintah, maka yang otoritas adalah pemerintah. “Investor harus memenuhi peraturan perundang-undangan untuk mendapatkan lokasi saja diberi waktu tiga tahun, harus mempersiapkan dengan matang kalau tidak HGU bisa dicabut,” tegas mantan Bupati Landak ini.
Ia minta agar perusahaan yang sudah diberikan izin dan lahan untuk mengelola dengan baik jangan menerapkan manajeman ikan asin, aturan harus dipenuhi sehingga potensi masyarakat sekitar dapat dilihat. “Kalau mereka mempunyai kemampuan menjadi manajer ya diangkat manejar,” tegas Cornelis.
Bupati Landak DR Adrianus Asia Sidot mengatakan, kehadiran investor seperti HPI Agro ini menamankan modal di Landak memang diundang. Mereka diberikan kesempatan untuk ikut membangun perekonomian di daerah ini. Adapun bentuk yang telah dan sedang dilakukan itu meliputi berbagai aspek. “Mulai dari infrastruktur wilayah yang juga menjadi komitmen perusahan untuk membangun dan semua ini mempunyai dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di daerah ini,” urainya.
Adapun dampak yang dirasayakan masyarakat baik secara lansung maupun yang tak langsung seperti terbukanya infrastruktur “Selain bu terbuka lapangan kerja yang tentu diutamakan penduduk setempat sesuai dengan tingkatan, keperluan dan kaglian dan ketrampilan yang dimiliki masyarakat,” tegas Adrianus.
Managing Manajer HPI Agro, Rudi Yanto mengatakan, seluas 1.208,85 hektare lahan inti dan 508,08 hektare lahan plasma siap ditanami. Acara tanam perdana sebagai tanda dimulainya program tanam sawit di HPI Agro dan sekaligus merupakan suatu langkah awal dalam mewujudkan rencana dan komitmen bersama untuk membangun perkebunan yang berwawasan ramah lingkungan. “Serta membuka peluang baru bagi masyarakat sekitar, kita melakukan penanaman sawit perdana di lahan inti dan plasma sebagai simbol kebesaran kemitraan yang akan kami terapkan didalam pengelolaan sawit di lingkungan HPI Agro dan diharapkan memberikan kontribusi yang besar bagi peninkatan kualitas hidup masyarakat, mari kita satukan tekat dan karya untuk menggapi cita-cita,” tukasnya. (rie)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 7:43 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts