Kota Pontianak Juara Umum MTQ Kalbar

Posted by


*2012 Melawi Tuan Rumah MTQ ke-24

NGABANG. Kota Pontianak kembali merebut Juara Umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIII provinsi Kalbar di Landak yang dihelat 9-16 Mei 2010. Kafilah dari Bumi Khatulistiwa ini pastinya menduduki posisi pertama dari 14 kabupaten/kota yang ikut sebagai peserta. Kota kekuasaan Sutarmiji ini berhasil memboyong 8 emas, 7 perak dan 1 perunggu.
Gawe akbar dua tahunan ini ditutup sekaligus menyerahkan Piala bergilir oleh Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya, Minggu malam (16/5) di Stadion Patih Gumantar Landak. Proses acara penutupan berlangsung lancar dan khidmat dari rangkaian acara. Situasi tegang saat Ketua Dewan Hakim Drs H Makmur H Zakaria membacakan hasil pemenang. Itu terlihat ketika dewan hakim menyebut para juara dan utusan daerah, langsung disambut tepuk tangan dari undangan dan pengunjung yang mencapai ribuan orang itu. Hadir para Bupati/Walikota se Kalbar yang juga diberikan kesempatan menyerahkan hadiah kepada pemanang di 16 cabang perlombaan pada MTQ tersebut.
Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya mengucapkan terima kasih kepada semua kafilah, bupati dan official dari 14 kabupaten/kota yang telah mengirim peserta dalam MTQ ini. “Serta kepada dewan hakim yang sudah menjalankan tugas dengan baik dalam kegiatan ini,” kata Christiandy.
Kemudian kepada Bupati Landak Adrianus AS dan jajarannya serta masyarakat Landak yang telah mendukung terlaksananya MTQ ini, baik moril maupun material. “Selanjutnya semua pihak yang telah berpartisipasi semoga MTQ Kalbar menjadi wujud persatuan dan kesatuan umat beragama dalam mensukseskan pembangunan di Kalbar ini.” tegasnya.
Sementara itu, hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar di Kota Ngabang Kabupaten Landak, Sabtu (15/5). Selain melakukan evaluasi program kerja juga menentukan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIV tahun 2012 mendatang. “Hasilnya Kabupaten Melawi siap menjadi tuan rumah MTQ, ini berdasarkan kesepakatan semua pengurus LPTQ se Kalbar,” kata Ketua I LPTQ Kalbar Drs H Munir HD dikonfirmasi Equator di Hotel Hanura Ngabang, Minggu (16/5).
Menurut Munir, dalam Rakerda yang dihadiri seluruh pengurus LPTQ se Kalbar tersebut, selain menentukan tuan rumah MTQ ke XXIII tahun 2012 mendatang. Juga sepakat menentukan MTQ ke XXV tahun 2014. Tujuannya jika sudah ada gambaran daerah mana akan menjadi tuan rumah, paling tidak bisa mempersiapkan lebih matang lagi. “Kalau pada tahun sebelumnya hanya rakerda hanya menentukan MTQ berikutnya, seperti sekarang di Landak lalu dua tahun nanti di Melawi. Tapi dua tahun berikutnya 2014 jika sudah ada penentuan, sehingga ada ancang-ancang persiapan dari pemerintah daerahnya,”ungkap Munir.
Hanya, untuk wacana MTQ 2014 memang belum ditentukan, dan akan diminta usulan atau lamaran lagi dari masing-masing kabupaten/kota. Jika nantinya ada beberapa yang mengusulkan, akan dibentuk tim kecil dengan kajian-kajian untuk ditentukan. “Nanti akan dilihat dari segi aspek kelayakan kemudian pemerataan,” ujar Munir.
Kemudian, satu tahun sebelum MTQ, nantinya akan digelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ). Kegiatan yang intinya sama hanya bidang tidak banyak seperti MTQ. Maka dari itu, untuk 2011 jika memang tidak ada permintaan kabupaten yang siap menjadi tuan rumah, maka akan digelar di Kota Pontianak saja. “Nah, pelaksanaan STQ ini salah hasil dari kesepakatan dalam rakerda yang kita gelar,” ujar Munir.
Munir menambahkan, pihaknya jugaa bersyukur kepada Bupati Landak Adrianus AS dan jajarannya yang sudah sangat sungguh-sunggu sehingga pelaksanaan MTQ XXIII dapat berlangsung sukses. Jika memang masih ada kekurangan itu bukan yang prinsip. Apalagi dengan waktu yang cukup singkat Pemkab Landak sudah menyiapkan segala sesuatunya seperti infrastruktur seperti stadion dan jalan yang memang tidak gampang membangun dengan waktu yang mepet.
“Kita memberikan apresiasi kepada Pemkab Landak dan jajarannya,” ujarnya.
Terpisah, Ketua LPTQ Melawi Drs HM Zubir Saidi didampingi Ketua Kafilah Melawi Ir H Hinduansyah mengaku siap menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke XXIV pada tahun 2012 mendatang.
“Untuk persiapan sebenarnya tidak ada hal yang baru, kami sudah memulai pembangunan stadion sejak dua tahun lalu. Sekarang tahap penyelasaian, kecuali tribun yang nanti harus ditambah. Sedangkan untuk minbar tilawah dan fasilitas lainnya tahun ini selesai,” katanya dikonfirmasi di penginapannya, kemarin.
Selain itu, jalan masuk di stadion dan lokasi parkir saja yang tinggal dibenahi, sedangkan sarana pendukung lainnya seperti penginalan sata ini sudah ada belasan dan ditambah rumah penduduk seperti kegiatan di Landak ini. “Lalu sarana air bersih juga tersedia dan listrik Insya Allah tahun depan mulai pembangunan pembangkit tenaga uap batu bara,” tandasnya. (rie)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 1:38 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts