Film Dokumenter Sejarah Landak Diputar

Posted by

*Memeriahkan Upacara Tumpang Negeri

NGABANG. Upacara adat budaya Melayu Landak Tumpang Negeri di Ngabang yang akan dihelat 29 Mei mendatang bakal meriah. Selain acara ritual, akan diputar film dokumenter partisipasi dari sejarawan Kalbar Syafaruddin Usman MHD “Khususnya film dokumenter yang berkait erat dengan sejarah lokal Landak,” kata Syafaruddin menghubungi Equator, kemarin.
Menurutnya, pemutaran film-film dokumenter itu diharapkan akan membangkitkan terus menerus cinta tanah air, yang diyakini itu semua bisa dipicu dengan menyaksikan flm-fim dokumenter berupa sejarah perjalanan bangsa. Film dokumenter yang akan dipertontonkan untuk masarakat Landak di Ngabang Sabtu, 29 Mei malam itu, mengungkap perjalanan berikut dinamika bangsa dari masa ke masa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, dokumentasi dan sineas.
“Penggubahan bentu arsip menjadi karya seni dengan sentuhan teknlogi ini sejatinya untuk memperkenalkan arsip kepada masyarakat dengan cara yang mudah dipahami dan menarik,” ungkap Syafaruddin.
Mengenai pemutaran film-film dokuenter itu sendiri, Syafaruddin Usman MHD yang juga Direktur Pelestari Dokumen dan Arsip Sejarah (PDAS) mengatakan, dalam rangka character building sedang berupaya memberdayakan arsip dan dokumen sejarah. "Arahnya adalah membuat pencitraan arsip dan dokumen sejarah sehingga bisa dimanfaatkan untu membangun karakter bangsa. Salah satunya dengan memutar film dokumenter Landak Tempo Doeloe", ujar sejarawan kelahiran Landak Ngabang ini.
Lebih jauh Syafaruddin Usman MHD yang juga anggota Dewan Paripurna Nasional (Depurnas) RI menegaskan, dokumen sejarah yang tadinya hanya tersmpan di gedung arsip kini coba dikemasnya ulang supaya bisa menularkan semangat bahwa Indonesia umumnya dan Landak khususnya adaah bangsa yang besar.
"Misi selanjutnya dari program pemutaran film dokumenter ini supaya generasi muda Landak meyadari bahwa Landak pernah jaya sepert Majapahit atau Sriwijaya di masa lampau," imbuhnya.
Apa yang sedang dimulai Syafaruddin Usman dengan PDAS-nya ini memiiki dampak penting bagi kerekatan dan ketangguhan Landak sebagai bagian dari sebuah bangsa. "Dengan film dokumenter yang bisa disaksikan gratis ini generasi penerus bisa menyaksikan kembali peristiwa penting bersejarah di Landak", tandasnya. (rie)

*Sumber: www.equator-news.com (26/05/2010)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 5:14 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts