Cerdaskan Bangsa dengan TIK

Posted by


*Siswa SDN 02 Ikuti Ujian Praktek

NGABANG. Sudah dua tahun di Kabupaten Landak, Yayasan Taruna Manggala Indonesia terus membagi ilmu nya kepada siswa SD hingga SMA dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
“Hari ini (kemarin,red) siswa kelas enam di SDN 02 Ngabang menggelar ujian praktek TIK yang sebelumnya sudah dilakukan ujian tulis. Materi yang kita berikan diantanya pengenalan sofwer dan hard wer komputer,” kata Junius Bram Buntaran, Kepala Divisi Kalbar Yayasan Taruna Manggala Indonesia kepada Equator di sela-sela memantau pelaksanana ujian praktek, Rabu (21/4).
Menurut Bram, untuk di Landak sementara ini yang ia bimbing di Kota Ngabang ini SDN 02, SDN 01, SDN 09, SDN Emplasmen, SDN 20 dan SMPN 2 Ngabang. Adapun sistemnya, pihaknya membantu memberikan perangkat dan pengajar sedangkan perawatan menjadi tanggungjawab Yayasan Taruna Manggala. “Setiap siswa membayar hanya Rp.15 ribu per bulannya. Ini pastinya sudah di sepakati bersama antara pihak sekolah dan orang tua murid,” terang Bram.
Ia menjelaskan, yayasan yang dipimpinya itu berpusat di Surabaya dan Balai Litbangnya berpusat di Malang. Tujuan yayasan tersebut datang ke Kalbar guna mengajarkan anak-anak bangsa Indonesia paham akan TIK serta manfaatnya tidak hanya itu siswa juga mengerti dan ahli dalam merakit komputer. “Atas Informasi dari Dirjen mengatakan di Kalbar masih banyak yang kurang memahami TIK, untuk itu kami ditugaskan untuk membimbing siswa dari SD hingga SMA,” kata Bram
Ia menambahkan, yayasan ini di Kalbar pertama kali daerah yang digarap adalah Kabupaten Landak yang merupakan kabupaten baru. Saat ini sudah berlangsung selama dua tahun dan target untuk membimbing siswa yang ada di negeri Intan ini dengan target lima tahun. “Jadi, renaca kita kembangkan sampai di sekolah yang ada di kecamatan. Kami juga mengharapkan kepada sekolah yang berminat mengembangkan TIK bagi siswa-siswanya bisa langsung menghubunginya,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala SDN 02 Ngabang Endang Selfafaunus, S.Pd mengaku siswa dan orang tua untuk mengikuti mata pelajaran mulok yakni komputer seperti yang dikembangkan Yayasan Taruna Manggala sangat antusias sekali. Mulai dari kelas satu hingga enam sudah mengikuti pelajaran mulok komputer ini. “Kita hanya berharap kepada siswa kelas enam yang saat ini sudah mengikuti ujian praktek dan sudah selama dua tahun dari kelas lima mendapatkan pengetahuan tentang komputer ini agar nantinya di SMP di tingkatkan lagi atau dilanjutkan lagi,” ungkapnya. (rie)

*Sumber: Harian Equator 22/4/2010


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 12:23 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts