Bupati Resmikan SMK Pahar Menjalin

Posted by


*Tugas Orang Tua Sekolahkan Anak

MENJALIN. Bupati Landak Dr. Adrianus Asia Sidot meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pahar Menjalin dengan ditandai penandatangan batu prasasti dan membuka plang nama SMK Pahar, Sabtu (17/4).
“Tugas orang tua harus sekolahkan anak sampai di perguruan tinggi. Selama ini, kita selalu bermimpi untuk meningkatkan pendidikan tapi bagaimana mimpi itu menjadi kenyataan,” kata Adrianus.
Menurutnya, dalam pengembangan sekolah agar lebih baik lagi, maka setelah sudah diresmikan apa yang harus dilakukan? tidak cukup hanya ditandai dengan peresmian saja. Jika yayasan dan kepala sekolah menginginkan ada dewan guru yang berkompetensi, ada guru yang memenuhi kualifikasi dan standar yang telah ditetapkan, tentu harus ada kerja keras dari semua pihak. “Bukan hanya pengurus yayasan dan kepala sekolah tapi juga masyarakat danpemerintah sama-sama berusaha agar keingian kita bisa terwujud,” tegas Adrianus mantan Kadis Pendidikan ini.
Namun, tidak cukup hanya satu pilar saja yang berdiri. Adrianus mencotohkan kalau mau masak sayur pakai tungku batu, tentu tungku itu harus cukup, tidak bisa kalau memakai satu atau dua batu untuk tungku, minimal harus tiga baru bisa berdiri, yaitu dari pemerintah, yayasan dan masyarakat harus bekerja sama. “Karena sekolah ini adalah swasta maka peran komite sekolah sangat penting mempunyai tanggung jawab untuk mendidik atau memanusiakan putra putri kita bukan hanya pada sekolah tapi juga tanggung jawab orang tua siswa di rumah,” tegas Adrianus
Kepala SMK Pahar Drs.Lorensius menjelaskan, tujuan peresmian merupakan ucapan syukur atas dukungan dari berbagai pihak, masyarakat atau orang tua siswa mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat pusat. “Untuk mendukung program pemerintah yang berkaitan dengan pencitraan SMK agar mendidik dan melatih siswa lebih banyak belajar, karena SMK untuk menciptakan melatih siswa untuk bekerja tingkat menengah, setelah tamat mereka siap bekerja,” urainya.
Dikatakan Lorensius, perkembangan SMK Pahar cukup cepat, SMK Pahar berdiri tahun 2003,berarti baru tujuh tahun berdiri jumlah siswa sudah mencapai 298 orang dan dua jurusan Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. “Untuk pengembangan ke depan kita masih perlu di perhatikan untuk sarana dan prasarana, kalau pasilitas itu sudah menunjang termasuk tenaga pengajarnya sudah memadai tentu kualitas SMK ini akan lebih baik,” harap Lorensius.
Camat Menjalin Sukapli menambahkan, berdirinya SMK Pahar merupakan suatu bagian pembangunan yang ada di Landak, kita sangat bersyukur banyaknya pembangunan sekolah di wilayah ini. “Kami menghimbau agar bangunan yang ada dapat di gunakan masyarakat untuk mendapat pendidikan dan menjaganya bersama.
Sementara itu, acara peresmian dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Landak Aspansius, Ketua DPRD Landak Heri Saman, para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Landak, Ketua Ketua Komite Sekolah Mikael, tokoh masyarakat, orang tua siswa dan masyarakat setempat. (rie)

*Sumber: Harian Equator 19/04/2010


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 1:04 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts