Bupati Berharap Kualitas dan Kuantitas UN Baik

Posted by


*Hari Pertama UN di Landak Aman

NGABANG. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Utama di Landak pada hari pertama, Senin (22/4) kemarin berlangsung aman. Peserta yang terdaftar baik SMA/MA/SMK berjumlah 3.432 siswa. Bupati Dr Adrianus Asia Sidot berharap kualitas dan kuantitas lebih baik dan prosentase hasil kelulusan dapat dipertahankan dari tahun sebelumnya. “Saya berharap UN dapat berjalan dengan baik. UN memang menjadi perhatian semua pihak mulai dari anggota DPR RI sampai orang tua, dari pihak kepolisian sudah membantu kelancaran, pengguruan tinggi dan pengawas independan mudah-mudahan bisa meningkatkan kualitas UN,” ungkap Adrianus kepada wartawan usai penyampaian LKPj Bupati 2009 di gedung DPRD, Senin (22/3).
Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan Landak ini, Landak hampir tiap tahun tidak ada kebocoran seperti jawaban dan lainnya. Maka dari itu ia berharapkan tahun ini tidak ada kebocoran. Selain itu tingkat partisipasi yang mengikuti UN juga mendekati 100 persen. “Untuk kelulusan tahun 2009 kita tertinggi di Kalbar prosentasenya 98 persen. Maka tahun ini kita berharap dipertahankan karena para guru sudah mempersiapakan dengan baik. Sejak 2004 kita sudah melakukan try out, daerah lain ada yang tak melaksanakan. Jadi kita harapkan kualitas dan kuantitas bisa lebih baik,” tegas Adrianus.
Pantauan Equator, Wakil Bupati Landak Agustinus Sukiman meninjau pelaksanaan seperti di SMAN I Ngabang. Terlihat Pengawas Satuan Pendidikan UN SMA/MA yang terdiri para Dosen dari Pontianak juga ada di masing-masing sekolah penyelenggara. Sedangkan di SMK dari Tim Pemantau Independen (TPI) dari Sekolah Tinggi Teologia (STT) Arastamar Ngabang. “Kita dari Pengawas Satuan Pendidikan UN SMA/MA yang dikirim di Landak ini berjumlah 36 orang dibagi di tiga subrayon. Sedangkan masing-masing sekolah penyelenggara dua orang,” kata Ir. Ida Zuraida MT didampingi Ir.Budi Basuki dari Pengawas Satuan Pendidikan yang bertugas di pengawas di SMAN I Ngabang.
UN di SMAN I Ngabang ada dua peserta yang sudah terdaftar tidak hadir. “Sudah lama memang tak ada kabar, sedangkan namanya sudah terdaftar sebagai peserta UN,” ujar Kepala SMAN I Ngabang Asoardi Ador.
Di SMKN I Ngabang peserta hadir semua yaitu 92 orang. SMK ini juga sebagai subrayon I dengan jumlah peserta 379 orang. Terdiri SMKN I Ngabang 92 orang, SMK Maniamas 129 orang, SMK Sengah Temila dan SMK Gempita Sengah Temila 50 orang dan SMK Pahar Menjalin 108 orang. “Kita di SMK dipantau oleh tim pemantau independen,” ujar Kepala SMKN I Ngabang Paulus Bujang.
Di MAN Ngabang pelaksanaan UN juga ditinjau langsung Kepala Kementerian Agama Landak H Mudjazie Bermawie yang berharap UN khususnya di MAN dan MA lainnya di Landak ini berjalan lancar sesuai aturan yang ada. “Mudah-mudahan hasilnya bertahan seperti tahun lalu yaitu 100 persen kelulusannya,” ujarnya. Adapun jumlah peserta UN di MAN Ngabang 139 orang hanya ada dua orang tak hadir tanpa ada kabar. “Yang satu memang sudah lama tak masuk sekolah dan satu orang saat UN ini tak hadir,” ujar Kepala MAN Ngabang Muhammad Sabirin S.Ag. (rie)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 12:34 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts