115 Pasukan Kuning Perpanjang Kontrak

Posted by

*Malas Kerja, Diberhentikan !

NGABANG. Sebanyak 115 orang pasukan kuning (petugas kebersihan) Landak teken surat perjanjian kerja (SPK) tahun 2010. Selain itu, bagi petugas yang malas kerja langsung diberhentikan dan diganti orang baru.
“Jumlah petugas kita ada 115 orang. Mereka kita perpanjang surat kontak kerja dari Januari-Desember 2010, sekaligus membayar gaji atau upah mareka dari Januari-Februari,” kata Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Landak F.Asius kepada Equator sebelum menyerahan surat kontrak kerja kepada pasukan kuning di gedung swadaya Ngabang, Senin (9/3).
Menurut dia, pihaknya setiap tahun juga mengevaluasi para petugas kebersihan yang ada. artinya, bagi mareka yang malas atau tak benar kerjanya diberhenikan dan diganti yang baru. Pada dasarnya petugas masih kurang. Apalagi saat ini wilayah lebih luas seperti di Stadion Olahraga yang baru dibangun dan akan dijadikan pertama kali untuk lokasi MTQ tingkat Kalbar awal Mei mendatang. “Tapi karena keuangan Pemda tak bisa, maka kita pertahankan tenaga yang tahun lalu. Hanya orangnya kita seleksi bagi yang mau kerja. Bagi yang sakit-sakitan kita suruh berobat terlebih dahulu,”kata Asius.
Sebenarnya tugas mareka (pasukan kuning) tidak berat dan jam kerjanya juga tidak idealnya seperti di perusahaan mencapai tujuh jam. Melainkan diberikan ring empat jam saja. “Tapi minimal dua jam mareka bekerja. Karena kalau kerjaan seperti menyapu sudah selasai ya berarti selesai, paling sambil ngobrolnya sekitar dua jam,” ujar Asius.
Maka dari itu, untuk honor mereka juga bervariasi antara tukang sapu, tukang tebas dan supir kendaraan. “Honor mereka dari Rp.500 ribu sampai Rp.700 ribu. Ditambah beras per bulannya 10 kilogram belum lagi kita asuransikan,” ujar Asius.
Untuk itu ia berharap dengan pasukan kuning yang ada ini bisa bekerja seoptimal mungkin, pastinya mohon dukungan semua pihak. Karena menjaga kebersihan bukan tanggung jawab instansi kita saja, melainkan semua instansi lain dan masyarakat punya tanggungjawab.
“Maka untuk hari Jumat, Pemkab Landak ada gerakan Jumat bersih, maka petugas kita gabung dengan instansi lain melakukan bersih-bersih,” tegas Asius.
Apalagi, lanjutnya, Kota Ngabang tahun ini mendapat rangking ke III dalam penilaian Adipura se Kalbar. Maka harus dipertahankan. “Karena ada kenaikan, jika tahun 2009 rangking ke IV dan 2010 rangking III. Maka 2011 harus naik menjadi ranking II atau I,” tandas Asius. (rie)

*Sumber: Equator 12/03/2010


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 6:06 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts