Mei Sensus Penduduk, Pastikan Anda Dihitung !

Posted by

*BPS Landak Siapkan 520 Petugas

NGABANG. Pastikan anda dihitung dalam Sensus Penduduk 2010 yang akan digelar 1-31 Mei mendatang. Badan Pusat Stastistik (BPS) Landak akan menurunkan 520 petugas untuk mendatangi rumah penduduk. “Saat ini sedang proses perektrutan petugas sensus penduduk. 520 orang terdiri 126 sebagai tim dan 126 sebagai koordinator tim,” kata Kepala BPS Landak Rosihan Anwar kepada Equator di kantornya, akhir pekan lalu.
Menurutnya, petugas sensus penduduk ini mulai dari instruktur daerah, koordinator statistik kecamatan (KSK), Koordinator Lapangan (KL) memang diberikan pelatihan terlebih dahulu. Khusus KL akan mengikuti pelatihan di Pontianak pada minggu ketiga Maret mendatang. Kemudian mereka akan melatih kepada tim kecamatan sebanyak 520 orang. “Pelatihan langsung digelar di kecamatan masing-masing karena jumlah banyak bisa dengan sistem bergelombang,” terang Rosihan.
Selanjutnya, usai mendapatkan pelatihan. Petugas akan listing dan melakukan survey lokasi terlebih dahulu minggu keempat April. Kemudian pada 1-31 Mei baru dilakukan pendataan Sensus Penduduk. Petugas akan mendatangi rumah ke rumah atau door to door pada seluruh penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal dalam wilayah geografis Indonesia, baik yang bertempat tinggal tetap maupun yang tidak bertempat tinggal tetap.
“Cara pencacahan yang dipakai dalam Sensus Penduduk 2010 adalah kombinasi antara de jure dan de facto. Bagi mereka yang bertempat tinggal tetap dipakai cara de jure, yaitu dicacah di tempat mereka tinggal secara resmi, sedangkan penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap dicacah dengan cara de facto, yaitu dicacah di tempat dimana mereka ditemukan oleh petugas lapangan sensus,” jelas Rosihan.
Ia menegaskan, manfaat Sensus Penduduk adalah mempunyai kegunaan strategis secara internal sebagai koreksi dan pengendali data kependudukan, basis proyeksi penduduk dekade 2010-an, basis untuk pemutakhiran dan pengembangan KCI survei rumah tangga decade 2010-an, dan basis pembangunan statistik wilayah kecil. Secara eksternal data Sensus Penduduk 2010 digunakan sebagai basis pembangunan statistik administrasi kependudukan dan evaluasi pencapaian sasaran pembangunan global. “Hasil Sensus Penduduk ini akan disampaikan Presiden RI dalam pidato pada 16 Agustus mendatang, berarti akan diketahui jumlah penduduk Indonesia,” tukas Rosihan seraya menambahkan pastikan anda dihitung. (rie)

*Sumber: Harian Equator


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 5:31 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts