Landak Lokasi Jambore Pemuda Indonesia

Posted by


*Rencana Akan Dibuka Presiden RI

NGABANG. Provinsi Kalbar akan menjadi tuan rumah lokasi Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2010. Rencana akan dipusatkan di Kota Ngabang Kabupaten Landak paling lambat awal Juni mendatang. Asisten Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalbar melakukan peninjauan lokasi di Gelora Patih Gumantar Landak, Kamis (29/1).
Bupati Landak Dr Adrianus Asia Sidot menyambut baik kedatangan tim dari pusat dan provinsi dan langsung melakukan rapat di aula kantor bupati, kemudian dilanjutkan peninjauan stadion.
“Pak bupati menyambut baik, karena Landak mendapat suatu kehormatan menjadi lokasi JPI yang merupakan kegiatan nasional yang dihelat setiap tahunnya. Bahkan untuk lokasi yang ditempatkan di kabupaten, baru di Kalbar ini. Sebelumnya semua di ibu kota provinsi,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Landak Lukas Kanoh kepada awak koran ini di kantornya, Jumat (29/1) kemarin.
Menurut paparan Asisten Deputi saat rapat dengan Bupati dan jajaran Pemkab Landak, mereka menjelaskan bahwa sebanyak 1000 lebih pemuda yang akan berkumpul berasala dari 33 provinsi di Indonesia. Kalbar ini merupakan provinsi kedua penyelanggaraan JPI di lura jawa setelah 2009 lalu yang dilaksanakan di Bengkulu. “Rencana JPI akan dibuka Presiden RI atau Wakil Presiden, jika tidak bisa bisa melalui Menteri Pemuuda dan Olahraga,” ujar Lukas.
JPI adalah kegiatan nasional, sehingga kepanitian memang dilakukan sharing, antara pemerintah pusat, provinsi Kalbar dan Pemkab Landak. Landak paling tidak hanya sebagai mediator, karena menyiapkanm lokasi. Rencana akan dipusatkan di Stadion Olahraga Landak yang saat ini masih diselesaikan, karena awal Mei juga akan dkigunakan lokasi pelaksanaan MTQ XXIII Kalbar. “Jadi, acara JPI nantinya kita pusatkan di stadion, mulai dari pembukaan, pameran, pagelaran seni dan budaya serta lainnya,” kata Lukas.
Ia menambahkan, dalam JPI ini juga setiap utusan dari provinsi seperti Kalbar, melibatkan pemuda di kabupaten/kota. Untuk satu kabupaten utusan dua orang pemuda dengan kreteria yang sudah ditentukan. Selanjutnya, kegiatan tingkat nasional yang dipusatkan di Kalbar tidak hanya JPI, melainkan ada juga namanya Bhakti Pemuda antar Provinsi dipusatkan di Kabupaten Kubu Raya (KKR) dan Jambore Wisata dipusatkan di Kota Singkawang. “Pelaksanaan kegiatan tersebut tahun ini juga,” kata Lukas seraya berharap kepada semua pihak agar bersama-sama mendukung suskesnya kegiatan JPI di Ngabang. (rie)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 2:24 AM

2 comments:

  1. wah,,,saya dah gak sabr ke KALBAR apalg kab,landak yg menjadi tuan rmh pelaksanaan JPI BPAP 2010,,,,SAYA ADLAH SALAH SATU PESERTA YG NANTINYA AKAN MENGIKUTI KEGIATAN INI,,,,SAYA ADALAH PESRTA BPAP DR GORONTALO.....

    ReplyDelete
  2. SAYA SIAP KE KALBAR JUNI NANTI...

    NASH
    KAB.PEKALONGAN JAWA TENGAH

    ReplyDelete

Popular Posts