Premanisme Adat Harus Diberantas

Posted by

NGABANG. Hukum adat kadang disalahgunakan oleh oknum masyarakat untuk ajang bisnis dan mencari keuntungan pribadi dan melenceng dari aturan yang disepakati bersama. Maka premanisme penerapan hukum adat perlu diberantas. “Kita bersama pemerintah khususnya Pemkab Landak terus berusaha untuk meminimalisir soal prilaku dari beberapa oknum-oknum yang ada di masyarakat, khususnya penanganan kasus-kasus adat di lapangan,” tegas Ketua Badan Pelaksana Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kalbar Aloysius Aloy kepada wartawan disela-sela acara lokakarya revitalisasi hukum adat di Landak, baru-baru ini.
Menurutnya, preman adat ini biasanya dilakukan oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab. Maka sejak awal AMAN berkomitmen untuk memerangi preman adat tersebut. Ulah preman adat ini sudah merusak citra temenggung dan citra masyarakat adat. “Saat ini harus benar-benas berusaha supaya masyarakat adat ini menjadi satu nilai dan satu kelompok masyarakat yang betul-betul bisa jadi panutan,” tegas Aloy.
Ia menegaskan, penentuan denda adat pada prinsipnya ada hal yang mendasar untuk penentuan denda adat tersebut. Apalagi denda adat itu dilakukan sesama suku. Kendati ada penyesuian dibeberapa daerah dalam hal penentuan denda adat sehingga terjadi perbedaan. “Tapi yang menjadi soal sekarang ini, kita selalu menghimbau kepada masyarakat bahwa penerapan hukum adat zaman dulu tidak ada bicara soal uang. Yang dibicarakan adalah material adat. Kemudian material adat itu dikonversi menjadi uang. Nah, hal inilah yang kadang-kadang menimbulkan persoalan,” ungkapnya.
Ia menambahkan, saat ini dalam hal penentuan denda hukum adat, masyarakat tidak lagi menyebutkan material adatnya, tetapi langsung kepada benda adatnya. “Kalau misalnya 70 tahun lalu kemudian berbeda dengan tahun sekarang, itu wajar. Sebab harga material barang pasti mengalami kenaikan. Akantetapi mestinya kenaikan harga barang itu jangan dibuat-buat. Itu yang tidak kita
terima,” tukas dia. (rie)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Kabar Landak Updated at: 6:26 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts